Siapakah Wanita yang mampu berperan sebagai dokter, juru masak, ahli nutrisi, merangkap guru bagi orang-orang tertentu? Siapa pula yang bersedia melakukan semua peran itu tanpa meminta gaji? Sosok itulah yang hadir hampir di setiap keluarga, walau ia kadang tidak berada di sisi kita selamanya. Namun, kasihnya akan selalu menyertai langkah kita semua. Dari ia jugalah kita dilahirkan. Beliau adalah IBU.

Ibu adalah wanita hebat telah membesarkan kita mengasuh merawat bahkan memberikan apa saja  yang kita inginkan….!!! di rahimya kita singgah selama 9 bulan..!!tangisan pertama ketika kita lahiran itu menjadi sesuatu yang sangat membahagiakan baginya pada saat itu!!…perasaan haru bahagia…bercapur aduk yang mungkin dirasakanya pada saat itu…?? pernahkah kita bertanya-tanya apa yang bisa kita lakukan saat itu kalau tanpa perlidungan dan kasih seorang ibu???jangankan untuk bicara untuk meminta sesuatu apa yang kita inginkan…cukup dengan tangisan kita pun ibu sudah tau kalau kita lapar dan haus…belum lagi perlindungan dan perhatianya pada saat itu … beliau tidak rela sekalipun hanya seekor nyamuk yang hinggap di kulit rentan kita ??? bahkan ibu juga rela kita tidur dengan dua selimut sedangkan dia rela harus tidur tanpa selimut!! dia juga rela kehilangan kenyenyak an tidurnya demi kenyenyakan kita agar tidak terbangun hingga pagi tiba…dan bangun dengan kesegaran..

Disaat kita belajar bicara dan berjalan…. mereka selalu di belakang kita untuk memberikan uluran tanganya untuk membantu kita berjalan…dan dengan sabarnya menjawab satu per satu pertanyaan dengan bahasa belum jelas pada saat itu.. tapi ibu selalu mengerti apa yang kita maksud…!!tapi apakah kita bisa seperti itu ketika dia bertanya disaat dia tua nanti?? disaat pertama kali kita masuk ke sekolah apa mungkin kita berani bertemu dengan orang orang yang baru dan  belum pernah kita kenal?? ibu mengantar kita… dan mencoba mencarikan teman untuk kita….. sehingga kita berani untuk berangkat sekolah sendiri..,,

Menginjak di usia remaja kita , menambah beban mereka yang harus membimbing kita yang mulai tahu tentang kehidupan..luar!!tanpa mengurangi kualitas kasih sayangnya pada saat itu beliau selalu berpesan dan sekedar mengingatkan kita..”Jangan keluar malam-malam?”, ” sekolah yang bener!!” itu yang sering saya dengar… bahkan nasehat2 itu yang sering kita anggap menjengkelkan.., membosankan!!!!….di benak meraka juga ada rasa takut kala itu.. takut kalau kita salah dalam bergaul,…..memang di usia remaja itu kita hanya sibuk dengan keasyikan kita pada saat itu dan mengesampingkan nasehat dan perintah2nya… dalam setiap sujudnya beliau selalu mendoakan yang terbaik bagi kita…. ??? tapi pernahkah kita mendoakanya?sampai akhirnya kita menjadi dewasa dan harus bisa hidup mandiri mengatur kehidupan kita…!!!yang tak pernah lepas dari kasih sayang dan doa-doanya..

Kasih sayangnya tidak terbalaskan hanya dengan harta…. tapi mungkin pengabdian kita yang bisa membuatnya bahagia.!!kapan terakhir kali menolak perintahnya atau bahkan membuatnya menangis karena perbuatan kita yang melukai hatinya???tapi pintu maafnya selalu terbuka untuk kita…!!!kalau memang sekarang belum bisa untuk membahagiakan beliau minimal kita jangan menambahi bebanya!!!

Thanks for all mom. I will try to be the best for you. sorry if still not be able to realize your hopes….
  • I LOVE YOU MOM